Dosen Polines Terpilih Ikuti Pelatihan Pembelajaran Vokasi di AS

Dina Yeni Martia, S.ST., M.Sc., dosen program studi Analis Keuangan, jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Semarang (Polines) berhasil lolos program beasiswa non-degree dari Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya (KLSD) Pendidikan Tinggi Vokasi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi bekerjasama dengan LPDP.

Ia merasa bangga sebagai satu dari 36 dosen Perguruan Tinggi vokasi di seluruh Indonesia untuk mengikuti pelatihan pedagogy Vocational Faculty Instructional Innovation Program di Arizona State University, Phoenix, Arizona, Amerika Serikat selama 3 minggu dari tanggal 25 November – 17 Desember 2022. “Saya beryukur bisa mengikuti pelatihan ini, “ungkap Dina.

Pelatihan ini merupakan bagian dari “Program Penguatan Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) melalui Sertifikasi kompetensi dan magang bersertifikat bagi dosen untuk mempercepat terwujudnya pendidikan tinggi vokasi yang unggul dan berdaya saing global” skema luar negeri.

Dijelaskannya, materi pelatihan terdiri dari Introduction to New Instructional Methods for Teaching and Instructional Innovation, Integrating Applied Project Experiences across the Curriculum, dan 21st Century Professional Skills Teaching Pedagogy.

Peserta juga mengikuti sertifikasi kompetensi Lean Six Sigma Yellow Belt yang dilaksanakan pada minggu kedua pelatihan.

Selain kegiatan pelatihan klasikal di kelas, peserta juga mendapatkan kesempatan untuk mengelilingi kampus, mencoba pengalaman baru menggunakan virtual reality di dreamscape,  mengunjungi lab penerapan project base learning di Arizona State University, dan juga melakukan kunjungan industri di Freeport McMoran Miami Arizona.